Indonesia in New 7 Wonders

Tujuh Keajaiban Dunia biasanya menunjuk ke Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Pencetus awal daftar ini adalah Antipater Sidon, yang membuat daftar struktur dalam sebuah puisi (sekitar 140 SM).

“Aku telah melihat tembok Babilonia yang agung yang di atasnya terbentang jalanan untuk kereta-kereta perang, dan patung Zeus di Alfeus, dan taman-taman gantung, dan Kolosus Matahari, dan karya besar yang membangun piramida-piramida tinggi, serta kuburan yang besar dari Mausolus; namun ketika aku melihat rumah Artemis yang menjulang ke awan-awan, yang lain itu semuanya kehilangan keindahannya, dan aku berkata, ‘Tengoklah, selain Olympus, Matahari tidak pernah lagi melihat apapun yang sedemikian agung.'” (Antipater, Greek Anthology IX.58)

Sejarawan Herodotus, orang pintar Callimachus dari Kirene (kira-kira 305 SM – 240 SM), teknisi Filon dari Bizantium telah membuat daftar yang lebih awal namun tulisan-tulisan ini tidak ada yang terselamatkan, kecuali hanya sebagai referensi.

Ada beberapa pertentangan di antara sumber mengenai Tujuh Keajaiban Dunia, dan dengan alasan yang cukup baik. Setiap jaman telah menambah beberapa pencapaian dan penemuan, memberikan kita banyak keajaiban untuk dilihat dan dikagumi. Banyak orang beranggapan ada enam set Keajaiban Dunia.

  1. Keajaiban Dunia Kuno

  2. Keajaiban Dunia Pertengahan

  3. Keajaiban Dunia Alami

  4. Keajaiban Dunia Bawah Air

  5. Keajaiban Dunia Modern

  6. 7 Keajaiban Dunia Baru

Kali ini new7wonders.com menggelar lagi pemilihan 7 keajaiban dunia, namun dengan kriteria keajaiban dunia yang bukan buatan manusia, tapi dibentuk oleh alam. Sudah ada 77 nominasi yang masuk dalam kategori tersebut, diantaranya adalah 3 keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia, yaitu Taman Nasional Komodo, Gunung Kratakau, dan Danau Toba.

Entah bagaimana penilaian tersebut, namun 3 nama tersebut layak dinominasikan karena beberapa sebab. Pertama untuk taman nasional pulau komodo layak masuk nominasi karena pulau tersebut adalah satu-satunya di dunia yang memiliki hewan purba Komodo yang masih ada hingga kini. Lalu gunung krakatau dipilih karena gunung ini punya sejarah letusan terdahsyat di dunia yang pernah tercatat hingga mampu membuat bumi menjadi gelap di sebagian besar penjuru dunia akibat debu letusan. Sedangkan Danau Toba terpilih karena danau ini sebenarnya terbentuk oleh letusan gunung api yang sangat besar (supervolcano) pada jaman purba dan diperkirakan terbesar yang pernah terjadi di dunia.

Sistem pemilihan The New 7 Wonders of Nature pun menggunakan sistem polling internet yang tentu masih sangat diperdebatkan. Untuk itu diharapkan para wikimuers ikut berpartisipasi untuk mewujudkan 3 keajaiban alam Indonesia ini agar masuk dalam jajaran 7 keajaiban dunia kategori alam tersebut.

Voting dilakukan melalui internet, dengan batas waktu sampai akhir 2008!

VOTE for INDONESIA:

http://www.new7wonders.com/
atau:
http://www.new7wonders.com/nature/ en/liveranking/

Untuk melihat nomina 7 keajaiban alam terbaru, klik link di bawah ini :

New 7 Wonders Nominee

Catatan:

Indonesia mungkin akan kalah dari negara lain, bahkan negara kecil yang mengajukan tempat yang tidak terlalu menarik, hanya karena negara tersebut lebih melek internet (Singapore contohnya, yang mengajukan Bukit Timah Nature Reserve). Dan yg lebih menyedihkan lagi, pulau Sipadan yang pernah menjadi wilayah Indonesia juga termasuk dalam nominee yg diajukan oleh Malaysia. (sedihT_T).

Brazil misalnya, pemerintahnya menyediakan fasilitas gratis untuk masyarakatnya yang tidak punya akses internet agar bisa ikut memilih untuk negaranya. Karena itu, ayo bantu sebarkan informasi dan ajakan ini!

Selamat memilih dan dukung Indonesia untuk masuk dalam 7 Wonders of Nature!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: