Indonesia Memiliki Potensi Besar

Selama 350 tahun atau 3,5 abad, tanah air kita yang tercinta ini telah dijajah oleh bangsa Belanda, dan selama 3,5 tahun Jepang pun akhirnya mengulang penderitaan rakyat Indonesia. Akibat keterpurukan selama masa penjajahan itulah, pendidikan Indonesia ikut tenggelam. Akibatnya, Indonesia dikonotasikan sebagai Negara dengan SDM rendah. Orang boleh berkata apapun untuk Indonesia. Namun, prestasi generasi penerus bangsa di dunia internasional telah membuktikan bahwa Indonesia sudah bangkit dari keterpurukan pendidikan.

Sebagai perwujudan kecintaan dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Prof. Yohannes Surya sebagai ketua tim Olympiade Fisika ikut serta mempersiapkan putra-putri Indonesia bisa meraih prestasi internasional dalam Olimpiade Fisika Internasional. “Saya sehari-hari mempersiapkan Tim Olimpiade Fisika Indonesia dengan aksentuasi pengembangan Fisika Internasional,” katanya.

Rektor Universitas Multimedia Nusantara ini mengatakan sangat bangga sebagai bangsa Indonesia karena Indonesia adalah bangsa dan negara yang besar.

“Sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi bangsa yang terhebat di dunia dengan kapasitas sumber daya manusia yang berkualitas,” katanya.

Selama ini, kata Yohannes Surya, pihaknya berupaya untuk ikut menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan diakuinya pula memiliki potensi yang besar pula. “Saya bangga sekali sebagai bagian dari bangsa yang besar ini,” ujarnya.

Menurut Yohanes Surya, selain memiliki banyak sumber daya manusia, Indonesia juga memiliki potensi sumber daya alam yang besar pula. “Jarang negara-negara yang mempunyai sumber daya manusia dan sumber daya alam sekaligus dengan seperti Indonesia,” katanya.

Hal itulah, kata Yonaes Surya, yang menjadi salah satu yang patut diperhitungkan, kelak Indonesia akan menjadi negara yang memiliki potensi menjadi negara dan bangsa yang besar. “Saya pernah beberapa kali dapat SMS dari luar, dari anak-anak Indonesia yang ada di Jerman dan Amerika. SMS maupun email. Mereka bercerita bahwa sebelum olimpiade fisika, mereka masih malu menyebut dirinya sebagai orang Indonesia karena mereka dikonotasikan SDMnya jelek-jelek. Tapi begitu mereka menang olimpiade fisika mereka bangga, minimal berani mengaku sebagai orang Indonesia di hadapan orang lain,” katanya.

Sumber : Jurnal Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: